Catatan Kuliah Teknik Industri, Operation Research, Sistem Produksi dll. Materi Kuliah Teknik dan Manajemen Industri : Komponen dan Klasifikasi Sistem , Analisa Perancangan Sistem

Monday 25 April 2016

Komponen dan Klasifikasi Sistem , Analisa Perancangan Sistem

Komponen Sistem dan Klasifikasi Sistem

Materi komponen dan klasifikasi sistem ini adalah bagian kecil dari materi mata kuliah Analisa Perancangan Sistem program studi Teknik dan Manajemen Industri.
Tulisan ini adalah Lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul Analisa Perancangan Sistem

Komponen Sistem 

  • Elemen inti / entiti yaitu objek sistem yang menjadi pokok perhatian 
  • Atribut yaitu sifat yang dimiliki oleh elemen / entiti
  • Aktivitas yaitu proses yang menyebabkan perubahan dalam sistem, yang dapat mengubah atribut dan elemen.
  • Status yaitu keadaan elemen  entiti
  • Kejadian yaitu peristiwa yang dapat mengubah variabel status sistem

Karakteristik Dasar Suatu Sistem 

karakteristik suatu sistem meliputi :
  1. Perilaku sasaran ( pupose Behavior) , setiap sitem berusaha mencapai satu sasaran atau lebih.
  2. Keseluruhan : Suatu teori yang menyatakan bahwa faktor - faktor penetu merupakan kesatuan yang tidak dapat direduksi lagi.
  3. Keterbukaan (openness) , sifat terbuka terhadap pengaruh lingkungan dimana sumber dan pemakai nilai - nilai yang dihasilkan sistem tersebut berada. setiap sistem mempunyai batasan.
  4. Pengertian ini menunjukkan bahwa suatu sistem mempunyai kemampuan untuk mengubah nilai status sumber daya input menjadi keluaran ( output) melalui suatu proses transformasi untuk mencapai sasarannya.
  5. Keterhubungan, interaksi internal dan ketergantungan antar bagian atau elemen.
  6. mekanisme kontrol -> proses pengaturan yang digunakan sistem untuk mengoreksi setiap penyimpangan yang terjadi, baik akibat interaksi internal maupun pengaruh lingkungannya

Klasifikasi Sistem 

Ada baiknya untuk memahami beberapa konsep kategori sistem
materi mata kuliah Analisa Perancangan Sistem

  1. Konseptual dan Empiris , yaitu terdiri dari kumpulan konsepsi, ide atau karakteristik guna menguraikan penjelasan atau klasifikasi suatu sitem nyata. Meliputi sistem - sistem ilmiah, seperti sistem ekonomi, geometri, sistem umum tentang relativitas, dan teori organisasi. Sistem Empisris pada umumnya merupakan sistem operasional yang kongkrit atau nyata yang terdiri dari manusia, peralatan, mesin, bahan dan faktor fisik lainnya. Sistem Empiris juga mencakup sistem yang tidak berbentuk, misalnya sistem listrik, termal, kimia, informasi.
  2. Alami dan Buatan
  3. Sosial, Manusia - Mesin, dan Mesin.
  4. Sistem Tertutup dan Terbuka yaitu mampu berinteraksi dengan lingkungannya dimana dimungkinkan adanya pertukaran materi, energi, maupun informasi dengan lingkungannya. Sistem tertutup tidak mempunyai relasi atau interaksi terhadap lingkungannya. Sistem tertutup merupakan sistem ideal, yang mana di dalamnya ada sifat - sifat alamiah yang diabaikan.
  5. Adaptif dan Non Adaptif , yaitu memberikan reaksi terhadap lingkungan sehingga dapat memperbaiki fungsinya, prestasinya atau kemungkinan untuk bertahan hidup. Perusahaan menyesuaikan produknya sesuai dengan keinginan pasar.
  6. Permanen dan Sementara
  7. Stationer dan non Stasioner , yaitu sistem dimana sifat dan operasinya tidak mengalami perubahan yang berarti, hanya berubah menurut siklus repetitif. dan non stationer berarti mengalami perubahan.
  8. Subsitem dan Suprasistem, yaitu sistem yang lebih kecil dalam sistem. Masing - masing sistem dapat dipandang sebagai sistem yang mempunyai goal tertentu yang terkadang berbeda dengan goal sistem utamanya. sedangkan Supra sistem adalah sistem yang lebih besar dalam sistem.
  9. Visi dan Abstrak
  10. Sistem Statis dan sistem dinamis, perubahan waktu. sistem yang tidak dipengaruhi atau tidak bergantung pada perubahana waktu. Sistem dinamis memakai waktu sebagai variabel independen ( bebas ). Analisa Perancangan Sistem

No comments:

Post a Comment